Pages

Minggu, 30 September 2012

Metode Resitasi

Pengertian metode resitasi atau tugas mempunyai ruang lingkup yang jauh lebih luas dari pada pekerjaan rumah. Pada prinsipnya metode resitasi adalah suatu metode mengajar, dimana guru memberi tugas kepada anak-anak untuk diselesaikan dan dipertanggungjawabkan (Didaktik/Metodik Umum, 1993/1994: 21).
Metode resitasi atau tugas merupakan metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan tugas berdasarkan petunjuk yang telah dipersiapkan guru (Subana, 1995: 199). Dalam metode resitasi atau tugas siswa dapat mengalami kegiatan belajar secara nyata.
Dalam hal ini, ada dua fase penting, yaitu fase belajar dan fase resitasi, fase belajar adalah fase siswa mengerjakan tugas, dalam pelajaran menulis siswa memperoleh kesempatan berlatih yang luas untuk dapat membangun karangan dengan retorika yang baik, dengan drill komposisi (Ahmad, 1990:30). Sedangkan fase resitasi adalah fase siswa mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas, metode ini lazim juga disebut sebagai resitasi bersama (Sosialized resitation) (Syah, 1995:206).
Metode resitasi atau tugas bukan sekedar pekerjaan rumah, melainkan metode pembelajaran dengan memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari sesuatu kemudian meloporkan hasilnya.
Berdasarkan pendapat di atas, disimpulkan bahwa metode resitasi adalah suatu metode pembelajaran dengan dua fase. Fase pertama pemberian tugas, dan fase kedua pertanggungjawaban tugas. Teknik resitasi bukan sekedar pekerjaan rumah, tetapi harus dipertanggungjawabkan oleh siswa.

1 komentar: