Dalam pelaksanaan metode resitasi harus sesuai
dengan bahan ajar yang akan diberikan kepada siswa dan juga sesuai dengan
tingkat usia, adapun langkah -langkah yang harus diperhatikan dalam pemberian
tugas dikemukakan oleh Subana, (1995:202) sebagai berikut.
Mempertimbangkan tujuan yang akan
dicapai dengan tugas itu.
Memberikan tugas yang cukup jelas
dipahami siswa sehingga mereka tidak perlu bertanya-tanya lagi.
Mengontrol apakah tugas dikerjakan
dengan baik, apakah dikerjakan oleh siswa sendiri atau oleh orang lain.
Mengevaluasi hasil siswa untuk
menumbuhkembangkan semangat kerja yang lebih luas.
Kelebihannya metode tugas menurut Subana
dan Sunarti, (1995:201) secara implisit mengungkapkan beberapa kelebihan metode
pemberian tugas, sebagai berikut.
Kelebihan metode tugas antara lain
- kesempatan siswa belajar lebih banyak dan lebih luas;
- rasa tanggungjawab siswa lebih berkembang;
- motivasi belajar lebih luas;
- keberanian berinisiatif lebih berkembang dan
- kerjasama antar siswa lebih kompak.
Kebaikan metode resitasi di antaranya:
- siswa mengalami dan mendalami sendiri pengetahuan yang dicarinya;
- pengetahuan lebih berkesan lama dalam jiwa siswa;
- dapat berfikir sendiri, memiliki inisiatif, kreatif, tanggung jawab, dan melatih berdiri sendiri.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus